First Trip of the (Failed) Backpackers!

by - Sunday, December 25, 2011

Jadi hari Kamis lalu tiba-tiba aja aku, Pungky, Shiro dan Riri memutuskan buat jadi backpacker dadakan, ke.... Solo. Iya cuma ke Solo. Namanya juga backpacker amatir, jadi ya nyoba yang deket-deket dulu hehe.
Sebenernya kalo mau dibilang dadakan ya enggak juga sih. Soalnya kita emang udah rencana jalan-jalan bareng ke Solo udah dari jauh-jauh hari dan naik mobil bukannya naik kereta. Tapi karena something happened 10 hours before the trip's started akhirnya setelah melewati kerempongan yang sedemikian rupa, akhirnya ya keputusan final: backpacking dan naik kereta ekonomi Pramex (Prambanan Express). Awalnya partisipannya (ceileeeeh partisipan) ada 8 orang (4 cowo, 4 cewe) lalu berkurang jadi 4 cewek semua. Tau kenapa? Itu cowok-cowok pada males masa kalo naik kereta, maunya naik mobil aja. Manja! Makanya mereka gak jadi ikut.

Sebagai wanita-wanita kuat dan pemberani, kita prepare kilat buat keesokan hari. Sebenernya tujuan utama kita ke Solo itu.... beli kain. Iya kain. Soalnya kalo nyari kain di BTC (Beteng Trade Center, semacam Pasar Beringharjo-nya Solo) itu lebih komplit dan banyak variasinya, dan tentunya harganya lebih murah dong asal kita pinter nawar!

Tapi, pas nyampe Stasiun Tugu dan habis beli tiket aja kita udah bikin kesalahan dengan beli tiket yang umum, tanpa tempat duduk alias berdiri! OMG. Dan kenapa Shiro juga gak ngingetin. Oke, kita masih menghadapinya dengan positif dan menyemangati diri kalo it's okay if we don't get the seat, pokoknya pas pulang harus naik Madiun Jaya yang full AC dan beli tiket yang seated. Sip.
Dan ternyata kita tidak sekuat yang dibayangkan. Berdiri satu jam di kereta dan menggendong backpack yang seberat karung beras berisi kamera, payung, snack, air mineral dsb bikin kita cukup kewer. Ohya sebenernya kita gak sepaham itu dengan daerah jalanan di Solo. Ya kalo aku pribadi, biasanya ke Solo naik mobil sama keluarga dan itupun cuma ke rumah sodara dan ujung-ujungnya main ke Grand Mall. Udah. Jadiiiiiii untuk mengakalinya, I had prepared a so-called guide yang akan memandu perjalanan kita selama di Solo. Hahaha dia adalah..... Faizal. Iya, dia kan aslinya orang Solo gitu, jadi resmilah dia jadi pemandu kita via WhatsApp.

Keluar dari Stasiun Purwosari, kita langsung cari makan siang di deket sana, yaitu di Dapur Solo. Habis itu kita langsung cari shelter Batik Solo Trans dan capcus ke Beteng, ya karena emang tujuan utama kita kesana. Setelah puter-puter cari kain macem-macem selama kurang lebih 2 jam kita memutuskan beli es krim di Kusuma Sari. Tau kan? Ya pasti tau dong, ini restoran dari jaman kite-kite kecil emang udah terkenal banget. Dan sebenernya es krim dan makanan disin gak begitu mahal, tapi karena status kita saat itu adalah backpackers, so we might consider this as our second fault as the backpackers.

Udah kan tuh ngadem di Kusuma Sari. And our next destination was Serabi Notosuman. But none of us remembered which way to take to get there! Bingung kesananya naik apa, niatnya sih kalo gak naik angkot ya naik becak (inget, kita ini backpackers jadi say NO for taxi!). Nah gara-gara si Pungky nih, dia tiba-tiba aja bilang, "Udah kali, gak papa jalan kaki, deket kok, aku inget tempatnya." Tapi sebagai seseorang yang hampir tiap hari melanglangbuana bersama dia dan tau benar instinct dia dalam hal nyari jalan and stuffs itu bener-bener minus, aku rada ragu buat mengiyakan saran dia. Tapi apa boleh di kata, karena begitu membaranya jiwa petualang kita ya kita capcus ke Notosuman JALAN KAKI. Saya ulang dan perjelas, JALAN KAKI DI SIANG HARI YANG PANASNYA MUNGKIN BISA NYAMPE 39º. Udah gitu salah jalan pulak! Untungnya orang Solo ramah-ramah, jadi kita gak usah segan kalo tanya jalan sama mereka.

And after having 30 minutes walk in an extremely hot day which almost burnt out our spirit and soul (okay, agak lebay), kita akhirnya nyampe juga di Notosuman. Tepatnya di Serabi Notosuman Ny. Handayani. Dan karena itu udah agak sore (sekitar jam setengah tiga-an), and because we needed to catch the 4PM flight, eh train, I meant, jadi kita buru-buru nyari angkot buat balik ke stasiun. Dan untuk dapet angkotnya kita masih harus jalan sekitar 500 meter ke Pasar Singosaren dulu. Mamaaaaaak ~_~ SEMANGAT! TETAP SEMANGAT! :')
Singkat cerita, kita dapet angkot and spent 20 minutes muter-muter kota Solo di dalem angkot yang sejuk dan akhirnya sampailah di Stasiun Purwosari. Niat awal kita pulang kan bakal naik Madiun Jaya yang full AC tuh, ternyata last train ke Jogja via Madiun Jaya itu jam 14:00. Sial!!!!! Akhirnya kita tetep naik Pramex dan beli tiket umum tapi rebutan. Iya rebutan. Jadi kita bisa aja beruntung langsung dapet seat atau agak kurang beruntung dan berdiri lagi.

Guess which ones were we? The unlucky ones.
Iye kita gak dapet seat dan terpaksa berdiri lagi. Dan kita baru bisa duduk enak pas udah nyampe Stasiun Maguwo. Ohlalala.... Disuyukuri sajalah :')

We arrived hometown just right when the sun is set.

Last, walopun kita belom seahli itu buat jadi backpackers, but later kita bakal jalan-jalan dan have so many trips around the world, TOGETHER! (sebenernya ini mimpi saya dan Shiro doang, sih hehe). We'll keep on dreaming until our main aim is reached ;)

Photos taken with Nikon D5000.